kamar nabi muhammad

Mencari Jejak Kamar Tidur Nabi

Posted on

kamar nabi muhammad

OLEH Hj NUR ASIAH IBRAHIM SAg, Pembimbing Ibadah Umrah asal Aceh, melaporkan dari Kota Madinah Al-Munawwarah, Arab Saudi

INFORMASI tentang indahnya kisah hidup Nabi Muhammad saw yang saya terima sejak kecil sampai hari ini, baik melalui cerita lisan maupun dari sejumlah referensi, membuat saya saat berada di dalam Masjid Nabawi seperti memasuki lorong waktu.

Hati, pikiran, dan perasaan saya seakan terlempar jauh ke belakang, membayangkan betapa indahnya tempat ini ketika Rasulullah dulunya beserta keluarga dan sahabatnya tinggal dan beraktivitas di sini.

Saat berada di Raudhah, tiba-tiba hati saya terbetik membayangkan kamar tidur Rasulullah saw yang dalam catatan sejarah disebut begitu sederhana. Padahal, dengan kekuasaan dalam genggamannya, Nabi Muhammad dapat saja menyiapkan tempat tinggalnya yang lenih mewah dari istana raja-raja Negeri Rum. Tapi beliau tidak melakukan itu, sebaliknya memilih hidup sederhana.

Dalam catatan sejarah memang disebutkan bahwa Rasulullah saw dan keluarganya tinggal tak jauh dari dinding Masjid Nabawi. Saat itu bangunan masjid suci ini tak sebesar sekarang. Kamar Rasulullah dan istrinya memang berdempetan dengan dinding masjid, sehingga ketika Nabi hendak ke masjid, baik untuk shalat atau bertemu sahabatnya, akses dari tempat tinggal Nabi ke Masjid Nabawi begitu dekat.

Sejarah mencatat, tak hanya Nabi Muhammad yang tinggal dekat Masjid Nabawi. Sejumlah sahabat Nabi saw lainnya yang tidak memiliki keluarga yang dikenal dengan ahlusshuffah juga tinggal di sini.

Ketika kemudian Masjid Nabawi diperluas beberapa kali dan luasnya menjadi berpuluh kali dari luas bangunan awalnya, maka dapat dipastikan lokasi yang dulu menjadi kamar tidur Rasulullah saw tersebut telah berada dalam Masjid Nabawi.

Lalu di mana salah satu lokasi kamar tidur Rasulullah saw dulu?

Untuk mencari jejak kamar Rasulullah tidaklah terlalu sulit. Salah satunya yang sangat mudah dipastikan adalah rumah atau kamar Ummul Mukminin Saidatina Aisyah radhiallahu’anhu, salah satu istri Nabi Muhammad. Di kamar Saidatina Aisyah inilah di sela-sela waktunya Nabi Muhammad beristirahat.

Lantas, di mana posisi kamar Saidatina Aisyah itu? Sejumlah sumber sejarah yang mu’tamat menyebutkan bahwa posisi kamar Saidatina Aisyah itulah posisi yang sekarang menjadi makam Rasulullah saw. Berada di sudut kiri arah kiblat masjid mulia ini.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *